Senin, 21 November 2016

Apa Itu Vertigo Gejala, Penyebab, dan Apa Obatnya paling Ampuh di Apotik

Mungkin anda sering mendengar kata vertigo atau setidaknya pernah mendengar vertigo. Tapi apakah anda sudah tahu apa itu vertigo? bagaimana gejalanya? apa saja penyebabnya? dan apa obatnya?

Apa Itu Vertigo Gejala, Penyebab, dan Apa Obatnya paling Ampuh di Apotik


Baiklah pada artikel kali ini saya akan share tentang apa itu vertigo, gejala, penyebab, dan apa obatnya.

Apa itu vertigo? 


Jawaban dari pertanyaan tersebut akan memberikan gambaran tentang vertigo. Kata vertigo berasal dari bahasa latin yang artinya gerakan berputar. Vertigo merupakan salah satu bentuk sakit kepala dimana sipenderita akan mengalami sensasi gerakan yang tidak seharusnya seperti gerakan berputar atau melayang. Hal tersebut disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Gejala vertigo sering kali dibarengi mual, muntah, dan ketidakmampuan sipenderita untuk menjaga keseimbangan tubuhnya, yang berakibat pada kesulitan berdiri atau berjalan.

Kemungkinan seseorang terserang vertigo sangat bervariasi, mulai dari merasakan pusing yang ringan dan terjadi secara berkala sampai rasa pusing yang parah dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Serangan vertigo yang parah biasanya berlangsung dalam beberapa hari bahkan sampai sipenderitanya tidak mampu beraktivitas dengan normal dan banyak juga yang harus mendapatkan perawatan secara intensif di rumah sakit, biasanya rawat inap sampai beberapa hari.

Nah demikian penjelasan singkat dari pertanyaan tentang apa itu vertigo, jika anda merasa kurang jelas bisa simak artikel ini secara utuh. Selanjutnya, gejala vertigo.

Apa Itu Vertigo Gejala, Penyebab, dan Apa Obatnya paling Ampuh di Apotik

Bagaimana Gejala Vertigo?

Gejala vertigo yang sering dikeluhkan pasien dalam rujukannya kepada dokter ialah pusing, kehilangan keseimbangan sehingga sipenderita merasa sulit untuk berdiri dan berjalan, mual disertai muntah, berkeringat, dan sering juga perasaan nistagmus atau gerakan mata yang tidak normal dan telinga berdengung.
Oleh karena itu jika anda terkena serangan vertigo sebaiknya hindari posisi atau gerakan tubuh yang akan memperburuk keadaan. Jika anda merasakan ada tanda-tanda vertigo akan kambuh maka sebaiknya anda pusatkan perhatian pada sesuatu yang akan membuat anda lebih nyaman atau segera meminum obat mual dan muntah atau obat pusing sehingga bisa cepat dinetralisir.

Bagi anda yang sudah diponis atau sering mengalami vertigo sebaiknya lakukan pencegahan agar tidak terlalu sering terserangnya seperti berolahraga. Dengan rajin olah raga maka dipastikan tubuh akan lebih bigar dan sehat. Salah satu olah raga yang anda dapat lakukan ialah olah pernafasan. Atau anda bisa melakukan joging sambil menghirup udara segar di pagi hari. Dengan udara segar yang masuk ke dalam tubuh anda maka akan menghadirkan oksigen yang lebaih banyak dan bersih ke paru-paru. Sehingga jika sering dilakukan secara rutin tubuh akan nyaman, bugar dan tidak akan mudah terserang gangguan vertigo.

Di samping hal tersebut di atas bagi anda penderita vertigo sebaiknya sikapi hidup dengan segala persoalannya secara wajar dan rileks. Karena jika persoalan membuat anda stres akan mengundang vertigo anda kambuh. Lakukan manajeman stres yang baik sehingga hidup lebih santai dan otot-otot menjadi rileks. Singkat kata hindari stres yang akan membuat hidup anda tegang.

Dan sebaiknya konsultasikan ke dokter jika anda sering mengalami vertigo yang susah untuk dikontrol. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan awal secara sederhana sampai pemeriksaan lanjutan untuk memastikan penyebab gejala vertigo yang anda alami. Bahkan ada beberapa pasien yang harus melakukan CT scan.

Apa Saja Penyebab Vertigo?

Menegenai Apa itu vertigo dan gejala vertigo sudah dijelaskan diatas. Sekarang kita lanjutkan pada apa saja penyebab vertigo?

Secara umum berdasarkan keterlibatan vertibulum, vertigo dibagi menjadi dua jenis yaitu vertigo direk atau vertigo vestibular dan vertigo indirek atau vertigo non-vestibular.

Penyebab-Penyebab Vertigo

Adapun penyebab munculnya gejala vertigo sangat banyak kemungkinan yang dapat terjadi diantaranya :
Secara umum berdasarkan keterlibatan vertibulum, vertigo dibagi menjadi dua jenis yaitu vertigo direk atau vertigo vestibular dan vertigo indirek atau vertigo non-vestibular. Adapun penyebab munculnya gejala vertigo sangat banyak kemungkinan yang dapat terjadi diantaranya :
1. Neuritis vestibular (Vestibulopathy perifer akut)
penyakit ini merupakan infeksi karena virus dan sebuah studi patologis menunjukkan bahwa atrofi dari satu atau lebih dari batang saraf vestibular yang paling sesuai dengan proses infeksi atau pascainfeksi

2. Meniere Sindrom
Menilik pada temuan patologis, prinsip Sindrom ini adalah peningkatan volume endolimfe yang berhubungan dengan distensi seluruh sistem endolimfatik atau hidrops endolymphatic.

3. Benign paroksismal positional vertigo (Vertigo posisi jinak)
Vertigo posisi jinak merupakan penyebab paling umum dari vertigo. Penyebabnya adalah hasil dari kristal kalsium karbonat yang mengambang secara bebas kemudian memasuki lengan panjang kanalis semisirkularis posterior. Pada kondisi normal kristal ini melekat pada makula utricular. Tetapi akibat adanya perubahan posisi, kristal bergerak dalam endolymph dan menggantikan cupula sehingga akan menyebabkan vertigo

4. Insufisiensi Vertebrobasilar
Kondisi ini biasanya disebabkan oleh aterosklerosis pada arteri subklavia, tulang belakang, dan basilar. Dan vertigo juga biasa dihubungkan dengan kondisi dari infark batang otak kecil (otak lateral).

5. Migrain (sakit kepala sebelah)
Vertigo yang disebabkan oleh migrain dikarenakan adanya Vasospasme atau adanya cacat metabolik yang diturunkan.

6. Tumor sudut cerebellar-pontine
Tumor ini biasanya tumbuh lambat dan memungkinkan sistem vestibular untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga biasanya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan bukan vertigo akut.
Sekarang anda sudah taukan Apa itu vertigo, gejala dan penyebabnya sudah diketahui saat kini membahas obat vertigo. Baca juga: Apakah Penyebab Penyakit Vertigo dan Penyembuhannya Sampai Sembuh secara Total.

Apa Saja Obat Vertigo paling Ampuh di aptik?

1. Mertigo 6 mg
Martigo 6 mg mengandung Betahistine mesylate yang ampuh untuk meringankan dan menghilangkan gejala Vertigo. Obat vertigo yang satu ini bisa di beli diapotik dengan dosis sesuai aturan biasanya 1-2 tablet dalam satu kali minum, dan maksimal tiga kali sehari, diminum sesudah makan

2. Betaserc
Betaserc termasuk ke dalam salah satu golongan obat antivertigo yang mengandung betahistine dihydrochloride. Betaserc, apabila dilihat dari struktur kimianya mempunyai kesamaan dengan substansi histamin. Obat vertigo ini memang ditujukan untuk mengobati gejala seperti vertigo yang biasanya ditandai dengan gejala seperti telinga berdenging, mual, kepala terasa nyeri dan pusing yang berputar-putar.

3. Vastigo
Obat vertigo yang pertama adalah vastigo. Di dalam kandungan vastigo terdapat Betahistine mesylate, yang juga sangat ampuh dan efektif untuk mengatasi gejala vertigo dan di samping itu juga dapat meringankan sakit kepala yang diakibatkan oleh gejala vertigo.

4. Stugeron Tablet
Kandungan yang terdapat dalam Stugeron ini adalah zat aktif cinnarizine yang tergolong ke dalam obat penghambat kanal kalisum, dengan cara kerjanya yaitu melebarkan pembuluh darah tanpa mengakibatkan adanya penurunan tekanan darah serta detak jantung. disamping itu Cinnarizine juga bisa memperbagus sirkulasi darah yang ada pada pembuluh darah yang mengalami penyempitan sehingga dapat mengurangi kekentalan darah. Di samping mengandung efek terhadap pembuluh darah, efek lain dari Cinnarizine ialah dapat menghambat reseptor dopamin-2, histamin-1 dan serotonin sehingga sering pula digunakan sebagai obat mual dan muntah, mabuk saat di perjalanan, pusing yang berputar, serta gangguan pada sistem keseimbangan yang lain.

5. Unalium 5 mg.
Obat vertigo lainnya adalah unalium 5 mg yang didalamnya terkandung Flunarizine. Flunarizine meruapakan zat yang sangat mujarab untuk menghilangkan gejala kelainan pada sirkulasi perifer dan serebral serta gangguan vestibular seperti vertigo.

Demikian topik apa itu vertigo, gejala, penyebab, dan apa obatnya yang dapat kami www.obatpusing.com share semoga menambah wawasan dan kehati-hatian anda agar tidak terserang gejala vertigo.


EmoticonEmoticon