Minggu, 20 November 2016

Ciri Ciri Vertigo, Penyebab, Dampak Sesuai Jenisnya dan Bahaya Akibat Penyakit Vertigo Dapat Menyebabkan Kematian

Ciri Ciri Vertigo – Vertigo diambil dari bahasa yunani yaitu Vetere yang bermakna ‘berputar’. Hal ini karena seseorang yang menderita vertigo akan merasa sekelililingnya seperti berputar dengan cepat. Ini bisa terjadi ketika vertigo yang dialami sedang kambuh. Penyebab yang bisa memunculkan vertigo tidak lain adalah virus, trauma kepala, iskemi karena menggunakan obat-obatan tertentu, adanya penurunan aliran darah menuju otak, migrain atau bahkan kasus epilepsy. Perlu dicatat bahwa vertigo bukanlah sebuah penyakit, tetapi vertigo muncul bisa dikarenakan sebagai gejala awal adanya penyakit.

Ciri Ciri Vertigo, Penyebab, Dampak Sesuai Jenisnya dan Bahaya Akibat Penyakit Vertigo Dapat Menyebabkan Kematian?


Masalah vertigo bisa terjadi kapan saja dan dalam waktu yang tak pasti. Kadang, hanya terjadi beberapa saat saja tetapi bisa berlanjut dalam hitungan jam dan bahkan hari. Vertigo bisa jadi sangat membahayakan para penderitanya terutama ketika dalam kondisi menyetir, sebab bisa kambuh ketika sedang melakukan perjalanan jauh dengan menyetir di jalanan yang berliku. Penyebab lainnya yang membuat vertigo bisa muncul adalah keadaan badan stress. Bahkan, dalam beberapa kasus dokter tidak bisa menemukan penyebabnya, sehingga untuk mengatasinya lebih disarankan dengan menggunakan sistem rehabilitative atau simtomatik.

Ciri Ciri Vertigo, Penyebab, Dampak Sesuai Jenisnya dan Bahaya Akibat Penyakit Vertigo Dapat Menyebabkan Kematian

Ciri Ciri Vertigo

Ciri-ciri atau gejala vertigo yaitu adanya sensasi sekeliling seperti berputar. Hal ini sangat besar terjadi ketika penderita berbaring, berdiri atau bahkan memutar kepala dengan cepat. Munculnya masalah ini karena adanya gangguan keseimbangan tubuh, sehingga kadang disertai mual dan muntah, gerakan pada bola mata dan juga telinga seperti berdengung.

Untuk itu, tidak sedikit yang menyarankan bahwa penderita vertigo sebaiknya harus menghindari beberapa posisi, gerakan atau hal lainnya yang bisa memicu vertigo. Saat anda merasa bahwa vertigo anda akan kambuh, sebaiknya anda harus segera fokus pada satu obyek yang bisa mengurangi rasa mual atau pusing. Anda juga bisa menggunaan obat antivertigo atau antimuntah.

Penyebab Vertigo

Selain Ciri Ciri Vertigo, berikut beberapa penyebab vertigo yang bisa menjadi sumber pengetahuan anda:

1. Adanya gangguan sistem
Gangguan sistem saraf pusat yang bermasalah menjadi pemicu vertigo. Saat anda mengalami gangguan sistem yang disertai vertigo, bisa jadi anda memiliki masalah kesehatan seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor dan bahkan stroke.

2. Adanya gangguan penglihatan
Vertigo juga bisa disebabkan adanya gangguan penglihatan yang muncul. Mata memang sangat membantu untuk menjaga peran keseimbangan tubuh. Jadi, ketika ada masalah pada penglihatan yang memicu gangguan keseimbangan, maka hal tersebut bisa menggiring pada masalah vertigo.

3. Posisi tidur
Penyebab Ciri Ciri Vertigo bisa kambuh adalah karena posisi tidur yang kurang tepat. Jika anda punya masalah dengan vertigo, sebaiknya tidak menggunakan bantal yang membuat posisi kepala menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sebab, hal ini akan malah membuat vertigo mudah muncul saat bangun tidur atau bahkan saat sedang tidur.
Hindari juga langsung bangun jika punya masalah vertigo. Sebab, jika langsung terbangun maka vertigo bisa cepat muncul.

4. Faktor lain
Ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya vertigo seperti karena panik atau cemas, minum-minuman beralkohol, menghisap zat kimia, stress karena berada di ruangan tertutup dan panas serta faktor lainnya yang membuat cemas.

Dampak Vertigo Sesuai Jenisnya


Ciri Ciri Vertigo atau gejala vertigo di atas adalah gejala yang umum, begitu juga dengan penyebabnya. Namun, anda juga perlu mengetahui bahwa vertigo sendiri dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat serangannya sehingga setiap jenisnya memberikan dampak yang berbeda. Berikut informasi lengkapnya.

1. Vertigo sentral
Vertigo ini muncul tepat di bagian otak sentral. Masalah ini menjadi pertanda bahwa ada yang tidak tepat dengan pusat keseimbangan terutama di bagian otak. Bahkan terdengar seram karena anda mungkin tidak menyadari adanya masalah tersebut seolah-olah masalah ini datang secara mendadak. Anda mungkin baru tahu setelah sering mengalami gangguan vertigo. Gejalanya pun muncul secara bertahap seperti kesulitan menelan makanan, otot-otot wajah menjadi lumpuh, sering pingsan, mual dan muntah, hilangnya koordinasi, tubuh terasa mudah lemas, penglihatan pada obyek sekitar menjadi berganda dan terakhir adalah rasa sakit kepala yang berat sebagai Ciri Ciri Vertigo jenis ini.

2. Vertigo peripheral
Ini adalah jenis vertigo yang mungkin sangat mudah dialami oleh sebagian orang. Penderita akan mengalami gangguan pada sistem pendengaran yaitu tepat di bagian saluran kanalis semisirkularis. Pada bagian telinga ini, terjadi gangguan yang juga ikut mengganggu fungsinya dalam mengatur keseimbangan tubuh. Akibatnya, anda pun kehilangan keseimbangan yaitu disebut sebagai vertigo.
Ciri Ciri Vertigo jenis ini adalah tubuh terasa lelah, stamina tubuh terasa menurun, keseimbangan tubuh menghilang, konsentrasi menurun, mual dan muntah, lebih sensitif pada cahaya dan suara yang bising serta pandangan yang tiba-tiba berubah gelap.

3. Vertigo non-vestibuler
Dari jenis vertigo yang lainnya, jenis inilah yang paling sulit diceritakan tentang gejala dan ciri-cirinya. Banyak pasien yang mengalami vertigo ini tetapi sulit membedakan gejalanya dengan sakit kepala.
Penyebab dari munculnya vertigo jenis ini adalah adanya masalah pada system regulator keseimbangan. Vertigo ini juga bisa muncul karena adanya proses informasi sistem saraf pusat yang salah.
Gejalanya tak lain adalah hampir sama dengan vertigo yang lain dengan rasa pusing, kepala terasa kosong dan penglihatan menjadi gelap.

4. Vertigo vestibuler
Untuk vertigo jenis ini adalah jenis yang terakhir. Kondisinya adalah dengan menyerang bagian organ vestibuler atau saraf vertibulokoklear. Penderita bisa merasakan gejala atau Ciri Ciri Vertigo yang muncul cukup aneh seperti benda-benda disekelilingnya jadi naik turun seperti sedang naik kapal. Gejala lainnya juga tidak ada.

Bahaya Akibat Penyakit Vertigo Dapat Menyebabkan Kematian dan gangguan pendengaran parmanen?


Vertigo atau gangguan keseimbangan pada telinga hingga seseorang merasa pusing dan keadaan sekelilingnya berputar pada dasarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit tertentu.

Saat seseorang mengalami vertigo, pasti ada sesuatu di belakangnya yang tak lain penyakit yang dialami orang tersebut. Misalnya saja ketika vertigo sering kambuh biasanya ada masalah akibat hilangnya keseimbangan di kondisi tertentu.

"Vertigo itu kan bisa saja gejala dari penyakit, misalnya tumor otak. Nah, misalnya saat lagi menyetir dan diving lalu (vertigo) kambuh, penyakitnya itulah yang menyebabkan kematian, Jadi bukan dari vertigonya itu sendiri, melainkan dari penyakit atau akibat yang ada di belakangnya. vertigo bisa saja menyebabkan gangguan permanen, misalnya hilangnya pendengaran. Sebab organ keseimbangan ada di telinga yang juga berfungsi sebagai alat pendengaran.

"Jika ada gangguan dan infeksi yang terjadi di dalam labirin telinga lalu menyebar ke rumah siput, maka hal inilah yang akan menyebabkan tuli saraf secara permanen

Jadi, vertigo dan sakit kepala sudah jelas berbeda. Vertigo merupakan kondisi dimana sakit kepala bisa muncul sebab adanya masalah pada bagian kepala dan telinga. Ciri Ciri Vertigo juga seringkali membuat pusing kepala muncul, tetapi dengan sensasi yang berbeda. Sebab, sakit kepaa karena vertigo akan lebih parah dengan rasa berputar dan hal ini cukup mengganggu. Lihat juga Apa Penyebab Vertigo dan Cara Penyembuhannya, Pengobatannya.

Agar ciri-ciri vertigo yakni Gejala Vertigo tidak mudah datang, anda harus mencegah dengan melakukan beberapa hal. Misalnya, anda sebaiknya menjaga agar tidak kurang darah atau anemia. Sebab, ketika anemia dan kepala terasa pusing, maka vertigo bisa menyerang. Hal ini juga sama jika anda kurang minum yang menyebabkan anemia dan vertigo pun bisa datang. Selain itu, anda juga harus pintar-pintar mengendalikan emosi. Sebab, jika sedikit saja mengalami stress vertigo pun bisa muncul. Untuk itu, anda tidak boleh mudah merasa tertekan dengan suatu masalah tertentu atau memiliki tekanan batin. Dalam kondisi tersebut, syaraf di tubuh menjadi terganggu dan vertigo bisa menyerang.

Bahkan, stress juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya seperti kurang tidur, malas makan dan pola makan menjadi terganggu serta cemas yang kemudian bisa memicu vertigo untuk muncul dan menganggu aktifitas anda. Sekian saja tanda-tanda bvertigo dari kami www.obatpusing.com.


EmoticonEmoticon