Senin, 21 November 2016

Tanda dan Gejala Vertigo dan Penyebabnya Serta Obatnya untuk Vertigo Ringan/Berat

Gejala vertigo harus diketahui agar penanganannya bisa lebih dini. Vertigo memang tidak bisa disepelekan begitu saja, sebab itu sangat penting mengetahui gejalanya. Dengan demikian kita dapat mengetahui serta mengambil tindakan agar vertigo dapat segera diatasi.

Tanda dan Gejala Vertigo dan Penyebabnya Serta Obatnya untuk Vertigo Ringan/Berat


Pada artikel ini kita akan mengetahui lebih detail tentang vertigo, mulai dari gejala vertigo, faktor penyebab, serta pengobatan yang dapat dilakukan agar vertigo dapat segera membaik. Karena itu sangat penting untuk membacanya sampai akhir. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Gejala Vertigo dan Penyebab Vertigo

Berikut ini beberapa gejala vertigo yang perlu diketahui.

1. Berdebar-debar
Tanda vertigo yang pertama yaitu jantung terasa berdebar-debar. Rasa berdebar-debar ini biasanya disertai dengan keringat yang dingin serta denyut nadi yang cepat. Jika sudah merasa demikian sebaiknya segera beristirahat agar vertigo tidak bertambah parah.

2. Mual serta muntah
Gejala yang lain yaitu perut terasa mual dan juga ingin muntah. Bahkan jika sudah tidak tertahankan bisa muntah.

3. Telinga berdenging
Selain mual dan muntah telinga akan berdenging. Bahkan kadang kita kurang jelas mendengar perkataan orang lain disebabkan karena telinga yang berdenging. Selain itu tak jarang merasakan kepala pusing dan terasa berputar.

Tanda dan Gejala Vertigo dan Penyebabnya Serta Obatnya untuk Vertigo Ringan/Berat

Jika mengalami gejala seperti yang disebutkan sebaiknya beristirahat. Istirahat sangat diperlukan untuk memulihkan stamina tubuh. Selain gejala yang telah disebutkan di atas, vertigo juga disebabkan oleh beberapa sebab.

Penyebab Vertigo berta dan ringan

Berikut ini beberapa faktor penyebab vertigo.

1. Gangguan telinga bagian dalam
Faktor penyebab yang pertama yaitu adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Para penderita vertigo terjadi karena kebanyakan dari mereka mengubah posisi kepalanya. Misalnya saja ketika bangun dari tidur langsung berdir dan menjalankan aktivitas.
Sedangkan pusing akan dirasakan setelah melakukan kegiatan atau berdiri beberapa menit kemudian. Hal ini dapat terjadi karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam.

2. Migrain
Faktor penyebab yang berikutnya karena terkena migrain. Migrain tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab migrain yang dibiaran secara terus menerus dapat mengakibatkan vertigo. Selain itu migrain dapat mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang memiliki faktor penyebab migrain ini dapat berlangsung sebentar, bahkan dapat berlangsung selama beberapa hari.

3. Gangguan penglihatan
Faktor penyebab selanjutnya yaitu adanya gangguan pada penglihatan. Mata mempunyai fungsi yang sangat penting. Selain untuk melihat juga dapat menjaga fungsi keseimbangan tubuh. Apabila penglihatan kita mengalami gangguan keseimbangan, hal ini dapat mengakibatkan vertigo.

4. Posisi tidur
Kita harus memperhatikan posisi tidur kita. Sebab apabila kita tidur dengan posisi yang kurang nyaman, misalnya saja kepala terlalu rendah atau terlalu tinggi maka dapat mempengaruhi munculnya vertigo. Karena itu perhatikanlah posisi kepala ketika akan tidur, karena posisi yang benar dapat mengurangi resiko terkena vertigo.

5. Penyakit Meniere
Faktor penyebab berikutnya yaitu penyakit meniere. Penyakit meniere ini dapat mengakibatkan telinga bagian dalam mempunyai vcaran yang benyak sehingga dapat mengganggu serta mempengaruhi keseimbangan tubuh pada penderita vertigo. Pusing yang disebabkan oleh penyakit ini dapat berlangsung selama setengah jam bahkan bisa lebih. Baja juga Gejala Awal dan Ciri Ciri Penyakit Fertigo dan Makanan Untuk Penderita Vertigo.

Waspada Terhadap Gejala Vertigo

Setelah mengetahui gejala serta penyebab vertigo, kita harus waspada terutama cara mengatasinya. Ada hal-hal yang dapat kita lakukan apabila vertigo menyerang, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Cara Mengatasi Gejala Vertigo Ringan

1. Menghindari gerakan tiba-tiba
Langkah pertama yang dapat kita lakukan apabla vertigo tiba-tiba menyerang yaitu dengan tidak membuat gerakan secara tiba-tiba. Misalnya saja ketika duduk vertigo menyerang, maka jangan langsung berdiri. Sebaiknya tetap duduk serta tenang sampai raa sakit di kepala berkurang.

2. Tidur dengan posisi yang benar
Tidur dengan kepala lebih tinggi dapat mengurangi vertigo yang tiba-tiba menyerang. Karena itu kita dapat menggunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur dapat lebih tinggi.

3. Membatasi konsumsi garam
Bagi yang menderita penyakit meniere maka wajib membatasi konsumsi garam. Tidak hanya ketika sedang kambuh namun sebaiknya membatasi garam digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah mengenal gejala vertigo dan penanganannya maka Selain hal-hal yang dapat dilakukan di atas, kita juga dapat mengobati vertigo agar segera membaik, minum obat untuk mengatasi vertigo tergantung dari tingkat keparahan vertigo itu sendiri.

Obat Penyakit Vertigo Berat Di Apotik serta Ringan

Berikut beberapa obat yang dapat digunakan untuk obat vertigo.

1. Prochlorperazine
Jenis obat ini dapat membantu rasa mual serta muntah yang disebabkan oleh vertigo. Namun obat ini juga memiliki efek samping. Efek samping yang ditimbulkan diantaranya yaitu dapat menjadi gemetar, rasa ngantuk yang tidak tertahankan, serta gerakan tubuh atau wajah yang tidak terkendali.

2. Antihistamin
Yang kedua yaitu antihistamin. Antihistamin ini juga dapat digunakan untuk meredakan rasa mual, muntah, serta gejala vertigo yang masih ringan. Obat ini biasanya diberikan oleh dokter sebagai resep.
Biasanya jenis obat tersebut meliputi cinnarizine, cyclizine, dan promethazine theoclate. Obat ini juga dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang dapat ditimbulkan diantaranya rasa kantuk, rasa sakit pada kepala, serta akan merasa sakit perut.

3. Betahistine
Jenis obat yang ketiga yaitu betahistine. Khusus untuk obat ini digunakan untuk mengobati penyakit meniere dan juga gangguan pada keseimbangan tubuh yang lain. Obat ini diberikan untuk jangka panjang agar rasa sakit di kepala dapat diatasi.
Kita juga dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala akibat vertigo dengan cara tradisional, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Obat Alami Vertigo yang Manjur dan mudah

1. Teh dan jahe
Teh dan jahe hangat sangat bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, vertigu, yang menyebabkan rasa mual serta muntah. Cobalah untuk mengkonsumsi teh hangat yang ditambahkan dengan sedikit jahe agar sakit kepala dapat berkurang. Minumlah teh dan jahe hangat secara teratur.

2. Madu
Khasiat madu memang tiak bisa diremehkan begitu saja. Kita dapat mencoba membuat minuman dari madu yang diseduh dengan air hangat kemudian ditambahkan air dari biji ketumbar yang telah diseduh selama 24 jam. Minumlah selagi masih hangat agar terasa lebih segar.

3. Jeruk lemon
Obat tradisional yang ketika yaitu jeruk lemon yang diperas dan diseduh dengan air hangat. Bisa juga dibuat jus agar terasa segar. Minuman ini sangat menyegarkan dan dapat digunakan untuk mengatasi vertigo. Minuman ini juga dapat ditambahkan dengan lada hitam. Rasanya yang segar juga dapat mengurangi sakit kepala, mengurangi rasa mual serta muntah.

Dari penjelasan tentang gejala, penyebab, serta beberapa cara untuk mengobati vertigo tersebut dapat menjadi pengetahuan kita bahwa sebaiknya tidak menyepelekan vertigo walaupun hanya beberapa gejala ringan.

Sebaiknya apabila vertigo yang dirasakan secara terus menerus dan juga dirasa cukup parah segeralah memeriksakannya ke dokter. Sebab dokter akan memberikan penanganan dan pengobatan yang lebih tepat. Demikian beberapa ulasan mengenai gejala vertigo, penyebab vertigo, serta obat yang diperlukan sekian dari kami www.obatpusing.com semoga dapat bermanfaat.


EmoticonEmoticon