Senin, 21 November 2016

Apakah Penyebab Penyakit Vertigo dan Penyembuhannya Sampai Sembuh secara Total

Penyebab penyakit vertigo ada bermacam-macam yang dapat kita ketahui. Vertigo merupakan suatu kondisi yang dirasakan dan secara tiba-tiba sekeliling terasa berputar-putar. Gejala vertigo yang ringan kadang tidak terasa, namun untuk gejala vertigo yang berat hal ini cukup menghambat rutinitas sehari-hari.
Penyebab penyakit vertigo secara umum ditandai dengan rasa pusing yang ringan kemudian akan muncul secara bertahap sampai berlangsung dalam waktu yang lama. Selain itu tubuh juga dapat kehilangan keseimbangan. Kehilangan keseimbangan ini menyebabkan kesulitan untuk berdiri maupun berjalan akibat kepala yang pusing dan terasa berputar-putar.

Apakah Penyebab Penyakit Vertigo dan Penyembuhannya sampai secara Total

Ya, dalam rangka bahasan ini kita kenali dulu sebab musabab vertigo itu apa?

Penyebab Penyakit Vertigo

Mengetahui gejala secara umum tentang vertigo saja tidak cukup, kita juga harus mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab vertigo yang dapat diketahui.

Apakah Penyebab Penyakit Vertigo dan Penyembuhannya Sampai Sembuh secara Total


1. Gangguan telinga bagian dalam
Penyebab penyakit vertigo di telinga yang pertama yaiu gangguan pada telinga bagian dalam. Hal ini dapat terjadi ketika tiba-tiba mengubah posisi kepala, misalnya saja ketika sedang tidur tiba2 bangun dan berdiri.

2. Migrain
Migrain pada umumnya juga disebut sakit kepala sebelah. Namun migrain juga dapat menjadi penyebab vertigo. Jika mengalami migrain kita perlu berhati-hati sebab jika berlangung selama beberapa hari dapat menjadi penyebab timbulnya vertigo.
3. Peradangan
Penyebab penyakit vertigo berikutnya yaitu peradangan maupun infeksi seperti saat sakit flu, pilek, maupun penyakit lain yang dapat mempengaruhi kinerja telinga bagian dalam. Seperti telah disebutkan di atas, dengan tergangguya kinerja telinga bagian dalam maka kemungkinan juga mengalami vertigo.

4. Gangguan pada penglihatan
Penyebab berikutnya yaitu mengalami gangguan pada penglihatan. Selain penglihatan mempunyai peran utama yaitu untuk melihat, namun gangguan penglihatan juga dapa mempengaruhi keseimbangan pada tubuh. Sehingga apabila keseimbangan pada tubuh terganggu maka dapat mengakibatkan vertigo.

5. Mabuk kendaraan
Mabuk kendaraan juga dapat menjadi penyebab kita dapat mengalami vertigo. Jika naik kendaraan, baik kendaraan darai, laut, meupun udara sebaiknya segeralah diantisipasi sebab dapat membuat vertigo. Misalnya saja ketika naik kendaraan biasanya mengalami mabuk kendaraan sebaiknya segera minum obat anti mabuk supaya tetap nyaman saat naik kendaraan.

6. Posisi tidur
Perhatikanlah ketika kita akan tidur. Tidak ada salahnya kitmenata bantal terlebih dahulu agar terasa nyaman. Jangan sampai tidur dengan bantal yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Sebab jika posisi tidur dengan kepala yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menjadi penyebab penyakit vertigo kambuh lagi. Sebaiknya ketika tidur posisi kepala lebih tinggi tetapi bukan berarti terlalu tinggi. Buatlah posisi kepala lebih tinggi namun tetap nyaman.

7. Kecemasan
Faktor Penyakit penyebab vertigo selanjutnya yaitu cemas yang berlebihan. Cemas terhadap suatu keadaan maupun masalah dapat menimbulkan stres sehingga kepala menjadi pusing. Apabila dibiarkan secara terus menerus maka dapat mengakibatkan vertigo.

8. Suhu ruangan
Suhu ruangan yang terlalu dingin maupun terlalu panas serta tertutup dapat mengakibatkan vertigo. Hal ini harus segera diatasi dengan membuka jendela atau mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Sirkulasi udara yang baik akan menghasilkan kondisi yang nyaman serta meminimalisir vertigo.

Pentingnya Mengetahui Penyebab Penyakit Vertigo

Sangat penting kita dapat tahu tentang vertigo yang menyerang. Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka kita juga dapat memberikan solusi agar dapat mengatasi vertigo.

Penyebab Penyakit Vertigo Dan Cara Pengobatannya Dengan Alami Sampai Sembuh

Berikut ini beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi vertigo.

1. Jahe
Cara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan jahe. Jahe berfungsi untuk menghangatkan badan. Selain itu juga merupakan salah satu rempah yang bermanfaat untuk mengatasi rasa pusing, mual, dan muntah.
Maka tidak salah apabila jahe juga digunakan untuk mengurangi rasa pusing karena vertigo. Sebab jahe juga dapat meningkatkan aliran darah di otak sehingga rasa pusing serta berputar dapat berkurang dan hilang.

2. Wijen
Bahan alami yang selanjutnya yaitu wijen. Wijen dapat digunakan untuk mengatasi vertigo terutama minyaknya. Minyak wijen lebih mudah serta efektif apabila digunakan untuk mengatasi rasa pusing di kepala. Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak wijen dan bubuk kapulaga yang kemudian ditempelkan di kepala. Cara ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada otak.

3. Air putih
Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air. Begitu juga dengan vertigo juga dapat diredakan dengan minum air putih. Ketika gejala vertigo mulai dirasakan maka segeralah minum air putih. Sebaiknya minum air yang dingin agar rasa mual, muntah, serta pusing dapat berkurang. Air es yang diminum sebaiknya lebih dari satu gelas, bisa 3 atau 4 gelas. Lihat juga Tanda dan Gejala Vertigo dan Penyebabnya Serta Obatnya untuk Vertigo Ringan/Berat.

Penyebab penyakit vertigo dan cara penyembuhannya tanpa obat

Kita juga dapat melakukan langkah-langkah berikut agar vertigo dapat segera hilang.

1. Fokus pada Objeck
Cara yang pertama yaitu fokus pada sebuah objeck yang dilihat selama kurang lebih 5 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari pingsan serta agar dapat menjaga keseimbangan tubuh. Kita dapat melihat objeck apa saja yang ada di depan kita ketika rasa mual serta mengantuk mulai menyerang.

2. Duduk atau berbaring
Cara yang kedua yaitu dengan duduk atau berbaring ketika vertigo mulai menyerang. Jangan memaksakan untuk berdiri ketika mengalami vertigo sebab dapat mengakibatkan pingsan atau terjadi hal lain yang tidak diinginkan.

Dengan duduk atau berbaring terlebih dahulu ini maka akan bermanfaat untuk mengurangi sensasi berputar-putar serta pusing. Apabila kita menginginkan duduk maka sebaiknya posisi kaki lebih tinggi daripada kepala supaya sirkulasi darah pada otak menjadi lancar.


3. Latihan vestibular
Cara mengatasi vertigo juga dapat dilakukan dengan latihan vestibular. Latihan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak kemudian menutup dan membuka mata selamakurang lebih lima menit. Setelah itu dapat menggerakkan kepala secara berputar.

Langkah selanjutnya yaitu dengan menggerakkan wajah ke atas kemudian pelan-pelan menggerakkannya ke bawah. Setelah itu mencoba menggerakkan kepala secara miring. Buatlah gerakan telinga kiri menempel bahu kiri, demikian juga sebaliknya telinga kanan diletakkan di bahu kanan.

Gerakan berikutnya yaitu dengan duduk kemudian berdiri dan ketika berdiri tutuplah mata sekemudian buka kembali. Ulangi selama kurang lebih masing-masing gerakan 3 kali. Langkah berikutnya yaitu menggerakkan bola mata ke kanan dan ke kiri dengan cara horisontal dengan mata yang terbuka.

Gerakan terakhir yaitu dengan melatih otot mata agar mengikuti arah sebuah objek kemudian tetap fokus pada objek yang kita lihat.

Dengan beberapa langkah di atas kita dapat mengurangi pusing, mual serta muntah karena vertigo. Namun apabila vertigo bertambah semakin parah dan berlangsung selama beberapa hari sebaiknya segera menghubungi dokter. Dengan melakukan pemeriksaan kepada dokter maka vertigo yang dialami segera mendapatkan resep obat serta analisa yang tepat.

Oleh karena itu mengetahui betapa pentingnya mengetahui penyebab vertigo untuk penanganan lebih lanjut dan akurat. Mewaspadai gejala awal vertigo serta mengetahui penyebabnya sangatlah penting untuk pengambilan tindakan selanjutnya. Demikian beberapa ulasan mengenai penyebab penyakit vertigo dari www.obatpusing.com semoga dapat menjadi manfaat.


EmoticonEmoticon