Kamis, 16 Februari 2017

Ciri-Ciri Gejala Kanker Otak Stadium Awal- Stadium 4 Dan Penyebabnya

Gejala kanker otak stadium awal sampai akhir - Penyakit berbahaya seperti kanker otak, merupakan sebuah penyakit yang menyerang organ yang sangat penting bagi manusia yaitu otak kita. Keberadaan penyakit ini perlu di waspadai karena penyakit kanker otak bisa sudah terkenal sebagai penyakit yang mematikan dan telah memakan banyak korban. Kanker otak bisa disebakan oleh faktor genetik dan umumnya juga bisa disebabkan oleh kebiasaan hidup yang buruk dan telah dijalani salam kurun waktu yang lama.

Mengetahui Ciri-Ciri Gejala Kanker Otak Stadium Awal- Stadium 4 Dan Penyebabnya

Penyakit berbahaya ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, bisa anak-anak, remaja bahkan pada lansia.

Penyebab kanker otak

Sebagian besar kanker otak adalah hasil dari penyebaran kanker yang berasal dari organ tubuh lain melalui aliran darah pada tubuh kita. Sedangkan penyebab terjadi kanker otak yang langsung berasal dari otak hingga kini masih belum diketahui. Risiko menderita kanker otak primer pada si penderita bisa menjadi lebih tinggi dengan adanya penyakit tambahan dari genetik berikut ini:
  1. Sklerosis Tuberose,
  2. Sindrom Gorlin,
  3. Sindrom Turcot, dan
  4. Sindrom von Hippel-Lindau.
Ciri-Ciri Gejala Kanker Otak Stadium Awal- Stadium 4 Dan Penyebabnya

Berikut ini juga ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor dan berpotensi meningkatkannya risiko terjangkit gejala kanker otak pada anak dan dewasa:

  1. Faktor keturunan atau genetik
    Si penderita memiliki hubungan dalam kesamaan gen dengan anggota keluarga yang telah terdiagnosis mengidap kanker otak dahulunya. Baik itu dari anggota keluarga pihak ibu maupun pihak ayah.
  2. Radioterapi
    Otak anda telah terekspos atau terpapar radiasi saat anda sedang menjalani tindakan radioterapi terhadap pengobatan penyakit lain.
  3. Terkena zat kimia
    Anda tanpa sengaja telah terkena zat kimia dengan jumlah yang tidak sedikit, seperti terkena zat kimia formaldehida.
  4. Infeksi virus HIV
    Pada kasus ini gejala kanker otak dapat menyerang anda akibat tubuh anda telah terkena infeksi virus HIV terlebih dahulu. Virus HIV dapat membuat kondisi tubuh anda lemah dan gampang terserang infeksi dari penyakit berbahaya lainnya. Virus HIV dapat menyerang anda akibat kebiasaan hidup yang tidak sehat, seperti melakukan pergaulan bebas dan menggunakan obat-obatan terlarang (narkoba).
  5. Merokok
    Kebiasaan hidup yang tidak sehat satu ini juga bisa menjadi penyebab utama anda terkena gejala kanker otak. Nikotin yang terkandung dalam rokok selain bisa menyebabkan kecanduan juga bisa menyebabkan sejumlah penyakit berbahaya lainnya.
  6. Terpapar racun dari lingkungan sekitar
    Bisa jadi lingkungan sekitar anda tidak sehat seperti lembab dan kurang pasokan oksigen serta air bersih. Kondisi ini bisa menimbulkan racun yang berbahaya bagi tubuh tanpa anda sadari dengan menghirup udaranya dalam kurun waktu lama. Sehingga racun berbahaya itu bisa mngendap lama dalam tubuh anda dan menyebabkan gejala kanker otak.

Gejala kanker otak awal yang dirasakan biasanya tidak terlalu kita perhatikan karena hanya gampang merasakan pusing dan cepat lelah, sehingga banyak yang tidak tahu atau menyadari bahwa dirinya telah terkena penyakit berbahaya ini. Maka itu anda perlu memperhatikan kesehatan atau rasa pusing yang menyerang anda secara berkala untuk mewaspadainya. Gejala umum yang bisa anda jadikan acuan untuk memeriksakan kondisi anda lebih lanjut ialah:

  1. Sakit kepala yang tak tertahan dan terjadi secara berkelanjutannya,
  2. Muntah-muntah yang terjadi secara mendadak dan tanpa alasan yang jelas penyebabnya,
  3. Terjadinya epilepsi atau kejang-kejang. Bisa terjadi di seluruh tubuh atau terjadinya kedutan pada satu bagian tubuh tertentu,
  4. Hormon tidak stabil, seperti mudah lupa, marah, mengantuk dan menjadi acuh.
  5. Berubahnya kepribadian, seperti perilaku menunjukan tingkah yang abnormal dan tidak seperti karakter sebelumnya.
  6. Sering kesulitan dalam berbicara,
  7. Cepat lelah atau lemas dan tak bertenaga.

Gejala-Gejala Kanker Otak Pada Tingkatan Stadium 1 Hingga 4

Lalu berikut ini ialah beberapa gejala dari penyakit kanker otak dari stadium 1 hingga akhir dan menurut pengelompokan tingkat keganasannya:

A. Gejala kanker otak stadium 1 dan 2

Pada umumnya pada tahap ini penyakit masih bersifat jinak dan mempunyai peluang besar untuk disembuhkan dengan penanganan dari kemotherapi dan obat-obatan yang tepat.
  1. Gejala kanker otak Stadium 1
    Pada tahap ini gejala yang di ditimbulkan masih belum terasa menyiksa dan penderita juga belum merasakan apapun karena sel kanker yang menyebar di otak tidak begitu banyak menimbulkan tanda jelas. Biasanya gejala akan terasa sedikit demi sedikit pada stadium 2.
  2. Gejala kanker otak Stadium 2
    Karena suplai oksigen ke otak berjalan tidak lancar, penderita kanker otak stadium 2 akan cepat merasa lelah biarpun ia tidak mengerjakan aktifitas berat ataupun ringan sama sekali. Jika rasa lelah sudah terasa sangat berat, biasanya penderita akan udah jatuh pingsan. Nah, bagi anda yang belakangan ini terganggu kesehatannya dan seringkali jatuh pingsan, ada baiknya anda memeriksakan kondisi kesehatan anda lebih lanjut pada dokter demi kebaikan anda, bisa dengan citi scan atau mri untuk mengetahui hasilnya lebih jelas. Baca juga artikel kesehatan Otak lainnya: Apa Faktor Penyebab Kanker Otak Pada Anak Remaja Dan Pencegahannya.

Gejala Kanker Otak Stadium 3 Dan 4

Pada tahap ini kanker telah berubah menjadi ganas dan perlu diwaspadai dan dapat beresiko kematian pada si penderita.
  1. Gejala kanker otak Stadium 3
    Pada tahap ini gejala yang ditimbulkan pada penderita semakin terlihat jelas. Penderita akan mengalami sakit kepala luar biasa yang membuat dirinya sangat tersiksa hingga harus meninggalkan aktifitasnya dan berisitrahat total. Tak hanya sakit kepala yang menyiksa, pada stadium ini penderita juga akan mengalami mimisan dan sering kambuh saat sedang banyak pikiran. Gejala lain yang ditimbulkan ialah kaki dan tangannya akan sedikit sulit digerakkan, bahkan penderita juga akan sering terjatuh saat berjalan atau saat memegang sesuatu. Hal ini disebabkan gangguang pada keseimbangan tubuh yang mulai memburuk.
    Diharapkan pada tahap ini penderita sudah harus menyadari akan kesehatannya yang tidak bagus dan disegerakan mengambil tindakan lebih dengan mengecek kondisi dengan citi scan atau mri dan segerakan pengobatan khemoterapi sebelum terlambat.
  2. Gejala kanker otak Stadium 4
    Pada tahap akhir dari gejala kanker otak ini, penderita akan disuguhkan puncak dari rasa sakitnya. Jika sudah berada dalam tahap ini penderita hanya memiliki harapan kecil untuk disembuhkan. Khemoterapi pun juga sudah tidak sepenuhnya dapat membantu anda. Penderita sudah mulai kesulitan dalam melihat dan mendengar secara normal. Jika anda menyadari kondisi telah terlambat dan dalam melakukan penanganan seperti khemoterapi juga terlambat atau tidak sama sekali, makan kondisi yang akan anda alami ialah kelumpuhan, kebutaan, serta ketulian secara cepat.
Dalam tahap ini sudah tidak banyak pengobatan seperti khemoterapi atau obat-obatan lainnya yang bisa meringankan gejala bahkan menyembuhkannya si penderita. Namun, jika penderita tetap rutin mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, manfaat yang didapat dengan mengonsumsi obat itu hanyalah memperlambat usianya untuk tetap bisa bertahan hidup bersama orang yang mereka cintai.

Itulah ulasan kesehatan mengenai gejala kanker otak beserta penyebabnya yang perlu anda waspadai dalam memperhatikan kesehatan anda dan orang disekeliling yang anda cintai. Biasakanlah hidup sehat dengan olahraga yang teratur dan perbanyak makan sayuran hijau dan hindari junkfood sebisa mungkin. Salam sehat dari www.obatpusing.com.


EmoticonEmoticon