Kamis, 16 Februari 2017

Menurut Para Ahli Definisi, Pengertian Vertigo Adalah Apa? Penyebab Dan Bahayanya

Tags
Pengertian vertigo menurut para ahli tentunya sudah diketahui oleh banyak orang. Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani, yaitu verto. Artinya memutar. Secara umum, vertigo adalah sebuah penyakit atau gangguan kesehatan – dimana penderitanya merasa dirinya atau benda disekitarnya seolah-olah berputar. Penyakit ini terjadi secara tiba-tiba. Dewasa kini, tidak sedikit dari kita yang sudah terserang penyakit vertigo. Perlu diketahui juga bahwa penyakit vertigo memiliki beberapa jenis. Namun, selama Anda memahami penyebab, bahaya, dan cara mengatasi ketika vertigo menyerang, Anda tidak perlu khawatir.

Pengertian Vertigo Dan Penyebabnya

Berbicara mengenai pengertian vertigo, secara umum sudah dijelaskan pada paragraf di atas. Pada artikel ini akan dijelaskan pula definisi mengenai penyakit vertigo dari beberapa ahli kesehatan. Menurut Arsyad Soepardi, seorang dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) – yang juga menulis beberapa buku terkait ilmu kesehatan, menjelaskan definisi dari penyakit vertigo seperti sensasi berputar atau pusing. Merupakan suatu gejala dimana penderitanya merasakan benda-benda disekitarnya bergerak-gerak memutar atau bergerak turun. Hal ini dikarenakan gangguan pada sistem keseimbangan.

Defenisi Veritgo adalah penyakit yang digolongkan sebagai salah satu bentuk gangguan keseimbangan atau orientasi pada ruangan. Keseimbangan diatur oleh beberapa sistem diantaranya sistem vestibular, sistem visual, dan sistem somato sensorik (propioseptik). Untuk mempertahankan keseimbangan, setidaknya 2 dari 3 sistem tersebut harus berfungsi dengan baik. Pada penderita vertigo, dapat kita saksikan adanya nistagmus. Nistagmus adalah gerak ritmik yang involunter dari pada bolamata. Pengertian vertigo di atas diungkapkan oleh seorang dokter yang mendalami psikiatri, yaitu dr. S.M. Lumbantobing (alm).

Menurut Para Ahli Definisi, Pengertian Vertigo Adalah Apa? Penyebab Dan Bahayanya

Penyebab penyakit vertigo secara umum

Setelah membahas mengenai pengertian vertigo, selanjutnya akan dibahas terkait penyebab dari vertigo itu sendiri. Tujuan dari dibahasnya penyebab penyakit vertigo adalah agar Anda semakin berhati-hati dalam menajalani kehidupan, khususnya yang berdampak pada kesehatan Anda. Selain itu, agar Anda senantiasa waspada jika beberapa penyebab yang akan dijelaskan di bawah sudah terjadi. Adapun penyebab vertigo secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Migrain
    Yang dimaksudkan adalah sakit kepala sebelah yang tak tertahankan, berkepanjangan, dan tak kunjunga reda.
  2. Kelainan pada telinga
    • Penyakit Meniere, adalah gangguan yang menyerang telinga, lebih tepatnya telinga bagian dalam.
    • Terjadi endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis (saluran setengah lingkaran) di bagian dalam telinga. Hal ini menyebabkan Benign Paroxysmal Positional Vertigo – gangguan keseimbangan perifer yang sering kita jumpai. Vertigo ini terjadi tiba-tiba pada perubahan posisi kepala.
    • Herpes Zoster, semcam cacar yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Virus ini akan menetap secara tidak aktif pada seseorang yang menderita cacar air.
  3. Obat-obatan
    Beberapa jenis obat tertentu akan membawa dampak buruk, khususnya kerusakan pada telinga. Yang termasuk dalam obat-obatan yang dimaksudkan disini adalah seperti:
    • Gentamicin, merupakan sejenis aminoglikosida antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkkan oleh bakteri, terutama bakteri Gram-negatif organisma.
    • Alkohol
  4. Keadaan lingkungan
    Misalnya: mabuk darat karena perjalanan darat yang memakan waktu lama. Keadaan tersebut biasanya disebut dengan motion sickness.
  5. Trauma kepala
    Penderita vertigo yang pernah mengalami kecelakaan sebelumnya dan menyebabkan trauma khususnya pada bagian kepala, hal ini akan menyebabkan vertigo. Jika setelah kecelakaan, bagian kepala hingga leher tidak mendapat perawatan yang tepat akan menimbulkan vertigo pada saat-saat tertentu.
  6. Kelainan sirkulasi
    Kelainan sirkulasi yang dimaksudkan dalam hal ini adalah yang disebut dengan transient ischemic attact – merupakan gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak. Gangguan ini bersifat sementara.
  7. Makanan
    Perlu diingat bahwa tidak semua baik dan dapat diterima oleh tubuh kita. Tubuh kita memiliki batas kemampuan menerima dan mengolah makanan. Dengan mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung lemak jahat, kafein, hingga kolesterol akan dapat menjadi penyebab vertigo. Misal: lemak jahat terkandung dalam daging merah, gorengan, dan jeroan. Jika Anda mengkonsumsi salah satu saja diantara ketiga makanan tersebut dan secara teratur, akan dapat menimbulkan vertigo. Tidak hanya vertigo, bisa jadi akan mendatangkan penyakit baru. Dari pengertian vertigo kembuh datang lagi atau baru pertama ada pada kepala di atas, semoga Anda benar-benar dapat mengontrol apa saja yang masuk ke tubuh, khususnya makanan.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertian vertigo, Anda tidak hanya dapat membacanya dari satu sumber saja. Namun, perdalamlah informasi dan pengetahuan terkait vertigo dari banyak sumber. Setelah pengertian secara teori sudah cukup dikuasai, Anda harus mulai peka terhadap penyakit virgo. Khususnya penyebab-penyebab yang menjadika vertigo itu ada. Mengapa? Agar pencegahan dini dapat segera dilakukan dan penderita vertigo mendapat penanganan yang tepat dan cepat. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Pengertian, Gejala, Penyebab Penyakit Kanker Serviks Dan Pencegahannya.

Bahaya dari sakit vertigo

Setelah dibahas mengeai pengertian vertigo dan penyebabnya, pada artikel ini juga akan dibahas terkait bahaya yang disebabkan oleh vertigo. Bahaya dari sakit vertigo antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Mengancam nyawa
    Bahaya ini banyak menyerang penderita vertigo yang menyerang pengendara kendaraan. Baik menggunakan mobil maupun motor, serangan vertigo yang sifatnya tiba-tiba akan membuat pengendara – yang juga seorang penderita vertigo akan kehilangan konsentrasi dan keseimbangan dalam mengendarai kendaraannya. Bahaya ini tidak hanya menyerang penderitanya, namun juga penumpang lainnya jika penderita vertigo tidak segera menghentikan kendaraannya dan berisitirahat sesaat.
  2. Menyebabkan timbulnya penyakit baru
    Berdasarkan pernyataan para ahli, pengertian vertigo sejatinya bukan nama suatu jenis penyakit. Namun, vertigo lebih kepada gejala awal dari suatu penyakit tertentu yang erat kaitannya dengan telinga dan otak. Misalnya: tumor otak. Mengapa? Karena tumor otak diawali dengan sakit kepala yang berkepanjangan.
  3. Kehilangannya indera pendengaran
    Gangguan yang disebabkan vertigo akan menjadi indikasi serius pada gangguan pada telinga, khususnya telinga bagian dalam, atau organ pendengaran lainnya. Infeksi biasanya terjadi di dalam labirin telinga lalu menyebar ke rumah siput. Hal ini akan menyababkan kehilangan pendengaran secara permanen.
  4. Aktifitas menjadi terbatas
    Karena penyakit vertigo dapat kambuh kapan saja, penderitanya tidak diijinkan untuk melakukan banyak aktifitas seperti biasa. Penderita vertigo yang masih muda akan terancam kehilangan masa produktifnya. Vertigo membutuhkan perhatian khusus dan diperlukan banyak istirahat dengan meminimalisir aktifitas sehari-hari.
  5. Komplikasi pada tumor otak
    Dari pengertian vertigo, kita dapat menarik kesimpulan bahwa salah satu penyebab dari vertigo adalah pusing yang berkepanjangan atau perasaan benda di sekitar berputar terhadap diri penderita, atau sebaliknya. Penyebab tersebut juga dapat menimbulkan tumor otak. Vertigo yang tak kunjung reda, akan berpotensi menyebabkan komplikasi pada tumor otak.
  6. Gangguan jantung
    Dampak vertigo Pada jantung, terdapat sistem kerja yang erat kaitannya dengan susunan syaraf. Vertigo yang berkelanjutan akan mempengaruhi fungsi jantung. Fungsi jantung akan terganggu dan terpengaruh. Selain sistem syaraf, jantung juga sebagai salah satu bagian dari organ pernapasan.

Pada pragraf-paragraf di atas, kita sudah ketahui pengertian vertigo dari para ahli. Tidak hanya itu. Anda juga bisa mandaptkan informasi mengenai penyebab dan bahayanya penyakit vertigo. Jagalah pola hidup Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga – setidaknya Anda menyempatkan waktu untuk lari setiap pagi, banyak mengkonsumsi air putih, dan pola istirahat yang cukup. Sekian dari kami www.obatpusing.com, semoga membantu.


EmoticonEmoticon