Kamis, 16 Februari 2017

Mengenal Penyebab Vertigo Kambuh Lagi Dan Pengobatannya Secara Herbal

Tags
Berbicara mengenai penyebab vertigo kambuh, akan banyak sekali yang Anda temukan. Sebagai pembuka, mari kita ingat kembali definisi dasar dari vertigo itu sendiri. Penyakit vertigo adalah semacam gangguan keseimbangan, dimana penderitanya merasa benda-benda di sekitarnya berputar. Atau sebaliknya, ia merasa dirinya yang berputar terhadap lingkungannya. Organ tubuh yang menjadi sasaran vertigo adalah organ pendengaran, yaitu telinga bagian dalam.

Mengtahui Penyebab Vertigo Kambuh Lagi Dan Pengobatannya Secara Herbal

Sebelum berbicara mengenai penyebab vertigo kambuh lagi, alangkah baiknya kita pahami lebih dahulu gejala kambuhnya vertigo. Gangguan yang disebut dengan vertigo jika kambuh, seringkali ditandai dengan pusing. Pusing yang dirasakan digolongkan dari yang biasa hingga kondisi terparah, yaitu pusing yang berlangsung lama dan mengakibatkan penderitanya tidak dapat beraktifitas seperti biasanya. Selain rasa pusing, gejala lainnya adalah gangguan keseimbangan. Gejala ini akan membuat penderita mual hingga muntah, sulit untuk berdiri hingga berjalan, mengeluarkan keringat, dan terkadang disertai gerakan bola mata tidak normal (nistagmus).

Mengenai penyebab vertigo kambuh tidaklah lepas dari adanya gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam penderita. Jika penderita vertigo mengalami kambuh, tidak lain tidak bukan disebabkan karena hal tersebut. Gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam memanglah menjadi penyebab utama dari kemabuhnya penyakit vertigo. Namun, selain penyebab utama tersebut, pada artikel ini akan dibahas pula penyebab lain yang sebaiknya Anda ketahui. Tujuannya adalah agar dapat Anda hindari sehingga vertigo tidak lagi kambuh.

Mengenal Penyebab Vertigo Kambuh Lagi Dan Pengobatannya Secara Herbal

Penyebab Vertigo Kambuh Lainnya

  1. Perubahan posisi: bangkit/berdiri dari posisi jongkok
    Penyebab ini biasanya dialami oleh para lansia, di atas 50 tahun. Perubahan posisi ketika Anda jongkok kemudian berdiri atau bangkit akan menyebabkan terganggunya keseimbangan tubuh yang sifatnya sementara. Pada orang normal – bukan lansia, terganggunya keseimbangan yang dikarenakan perubahan posisi tadi gangguan ini akan segera pulih (tidak terlalu lama). Berbeda dengan penderita vertigo. Kejadian ini akan menjadi penyebab vertigo kambuh lagi, karena gangguan keseimbangan menjadi serius.
  2. Pergerakkan pada kepala secara tiba-tiba
    Pergerakkan kepala yang dimaksudkan menjadi penyabab vertigo kambuh ada 2 macam, yaitu: mendongak (menengadah ke atas) dan memutar atau menundukan kepala secara tiba-tiba. Jenis vertigo yang akan kambuh jika Anda – penderita mendongak secara tiba-tiba adalah vertigo posisi paroksismal jinak atau yang secara ilmiah dikenal dengan sebutan Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Kambuhnya vertigo jenis ini akan disertai gejala seperti: pusing, mual, muntah, hingga limbung.
  3. Pilek (baik disertai flu ataupun tidak)
    Vertigo yang disebabkan labirinitis – yaitu saluran berliku dan dipenuhi dengan cairan yang terdapat pada bagian dalam telinga. Labirinitis memiliki fungsi untuk mengendalikan pendengaran dan keseimbangan. Flu, baik disertai dengan pilek ataupun tidak adalah suatu gangguan kesehatan yang memicu labirinitis sampai dengan vertigo kambuh. Gejala dari vertigo jenis ini antara lain rasa sakit pada telinga, mual hingga muntah, telinga berdengung, gangguan pendengaran hingga hilangnya kempuan mendengar, serta demam tinggi.
  4. Migrain
    Migrain atau yang sering disebut dengan sakit kepala sebelah merupakan salah satu penyebab vertigo sering kambuh. Bahkan, migrain sering menjadi gejala timbulnya penyakit vertigo pada mereka yang sebelumnya tidak memiliki riwayat sakit vertigo. Gejala yang menyertai yaitu sakit kepala sebelah, mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya atau yang sering disebut fotopobia.
  5. Asupan makanan
    Asupan makanan yang dikonsumsi bisa menjadi penyebab kambuhnya vertigo apabila tidak memperhatikan kandungan di dalamnya. Tidak semua makanan baik dikonsumsi oleh penderita vertigo. Apabila penderita vertigo kambuh, bisa jadi disebabkan karena Anda mengkonsumsi salah satu atau lebih dari makanan di bawah ini:
  • Gorengan, di goreng menggunakan minyak goreng – dimana di dalamnya terkandung lemak jahat. Keadaan demikian memicu tekanan darah menjadi tinggi karena juga mengandung garam yang tidak sedikit.
  • Kopi, megandung kafein tinggi yang akan meningkatkan kolesterol, serta membuat tekanan darah lebih tinggi.
  • Jeroan, jenis makanan ini akan memacu gangguan pada sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang terganggu akan menjadi penyebab vertigo kambuh.
  • Daging merah, kandungan kolesterol di dalamnya akan mengakibatkan pengerasan pada dinding pembuluh darah. Selain itu juga akan menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Alkohol dan rokok, salah satu atau perpaduan keduanya akan menimbulkan berbagai penyakit meski secara pelan-pelan. Tidak hanya penyaakit vertigo kambuh, namun akan melahirkan penyakit baru seperti jantung, stroke, dan kerusakan hati. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Menurut Para Ahli Definisi, Pengertian Vertigo Adalah Apa? Penyebab Dan Bahayanya.

Pengobatan Vertigo Secara Herbal

Selain penyebab vertigo kambuh, melalui artikel ini pula akan dibahas mengenai pengobatannya secara herbal atau alami. Sudah banyak diketahui, penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia bisa jadi menyebabkan timbulnya penyakit baru. Penderita vertigo bisa menggunakan obat-obat di bawah untuk menyembuhkan vertigo:
  1. Jahe
    Selain dipercaya canggih mengobati mual dan muntah, jahe juga dapat diandalkan dalam mengobati vertigo. Mengapa? Karena khasiat di dalam jahe ampuh meningkatkan aliran darah di otak dan pusing hilang. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan menjadikannya minuman hangat. Minumlah selagi belum dingin.
  2. Air putih
    Ketika penyakit vertigo kambuh, segerah minum air putih. Disarankan menggunakan air dingin sebanyak minimal empat gelas. Air putih mampu mengatatasi mual, muntah, hingga pusing.
  3. Daun seledri
    Selain digunakan untuk pelengkap masakan, seledri dapat membantu Anda mengatasi gejala-gejala timbulnya vertigo hingga menyembuhkannya.
  4. Jus lemon dan merica/garam
    Ketika vertigo menyerang, Anda dapat meredakannya dengan membuat jus lemon. Di dalam jus lemon, campurkanlah sedikit merica atau garam. Jangan terlalu banyak, karena jika berlebihan takaran merica atau garam akan menyebabkan tekanan darah naik.
  5. Teh tawar panas
    Minumlah teh tawar yang panas untuk meredakan mual ataupun pusing yang disebut sebagai gejala vertigo kambuh. Jika ingin menambahkan gula, tambahkan sedikit saja gula pasir. Teh memiliki sifat menenangkan.
  6. Buah manggis
    Caranya cukup mudah, hanya dengan memakannya langsung dapat mengobati vertigo Anda secara perlahan. Konsumsilah buah manggis secara teratur. Gejala-gejala vertigo akan berangsur sirna. Di dalam manggis terkandung antioksidan, vitamin B1, B2, dan C, kalsium, sodium, serta zat besi. Kandungan tersebut mampu mencegah kerusakan atau gangguan pada sistem syaraf. Caranya yaitu dengan melindungi protein yang diserap oleh tubuh Anda.
  7. Daun sirsak
    Saat penyakit vertigo kambuh, segera cari daun sirsak. Daun sirsak mengandung acetogenins – yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, daun sirsak juga mengandung lemak, fosfor, fruktosa, besi, A, B, dan kalsium. Daun sirsak juga mampu menyeimbangkan sistem syaraf yang terganggu.

Penyebab vertigo kambuh memang banyak dikarenakan beberapa hal. Namun, secara umum, Anda bisa mengatasinya dengan menjaga pola hidup – yaitu pola makan, rutin berolahraga, dan banyak-banyak minum air putih. Kesehatan itu mahal harganya. Oleh karena itu, sayangilah tubuh Anda agar aktifitas dan tanggung jawab Anda tetap dapat dilakukan. Jangan sampai penyakit vertigo menganggu kegiatan sehari-hari Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda menderita vertigo, jangan ragu untuk menggunakan bahan-bahan alami sekian dulu ya dari www.obatpusing.com. Salam sehat selalu!


EmoticonEmoticon